Sahabat berbagi

SOAL USBN SMA/MA BAHASA INDONESIA

Kang Ogud - kang ogud lovers berikut kami sajikan contoh SOAL USBN SMA/MA BAHASA INDONESIA. berikut selengkapnya

Perhatikan paragraf berikut ini!

    Kapolri Jendral Pol Badrodin Haiti menyambut positif penghargaan kepada orang-orang
    yang bekerja keras tanpa pamrih. Badrodin pun memberi apresiasi kepada salah satu peraih
      penghargaan yang juga merupakan anggota polwan dari polres Nganjuk, Jawa Timur, yakni iptu Naniek Yuliati. Naniek mendapat penghargaan pada kategori pelayanan publik
karena mampu melayani dan menangani puluhan warga Nganjuk yang dipasung lantaran
gangguan jiwa.

1.      Istilah apresiasi pada paragraf tersebut adalah...
a.    Pembuktian terhadap sesuatu
b.    Penghargaan terhadap sesuatu
c.    Pengamatan terhadap sesuatu
d.    Pengarahan terhadap sesuatu

Paragraf berikut untuk soal nomor 2 dan 3!
1)  Kebakaran hutan dan lahan seluas1,7 juta hektare menyebabkan berbagai masalah.
 2) Lebih dari 43 juta warga terpapar asap dan 504.000 warga terkena infeksi saluran napas.
 3) Tidak hanya itu, terdapat 12 warga meninggal dan kerugian materi ditaksir sekitar Rp.
 20 triliun. 4) Asap juga melumpuhkan aktivitas penerbangan selama hampir dua bulan,
mematisurikan perekonomian rakyat, dan menghentikan aktivitas pendidikan. 5) Jika Pemerintah
tegas dan membela kepentingan rakyat, sejak awal pelaku pembakaran hutan pasti telah ditindak
tegas.

2.      Kalimat opini dalam paragraf tersebut ditunjukan kalimat...
a.    1
b.    2
c.    3
d.    4
e.    5

3.      Apa yang menyebabkan berbagai masalah dalam paragraf tersebut?
a.     Kebakaran hutan terjadi karena ketidaktegasan pemerintah.
b.     Peristiwa kabut asap terjadi karena pembakaran hutan.
c.      Masalah tersebut disebabkan kebakaran hutan dan lahan.
d.     Berbagai masalah terjadi karena perekonomian mati suri.
e.     Kebkaran hutan sebabkan aktivitas pendidikan terhenti.

     Bacalah kutipan biografi berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5.
          Taufik Ismail lahir di Bukittinggi, 25 juni 1935. Ia pertama masuk sekolah rakyat di Solo. Selanjutnya ia pindah ke Semarang. Pada tahun 1956-1957 ia memenangkan beasiswa American Service International School. Semasa mahasiswa, Taufiq Ismail aktif dalam berbagai kegiatan. Tercatat ia pernah menjadi ketua Senat Mahasiswa FKHP IPB (1960-1961) dan Wakil Ketua Dewan Mahasiswa (1960-1962). Ia pernah mengajar sebagai guru bahasa di SMA Regina Pacis, Bogor dan asisten dosen IPB. Taufiq telah menghasilkan syair lagu sebanyak 75 buah. Ia pernah mewakili Indonesia dalam membaca puisi dan Festival Sastra di 24 kota di Asia, Amerika, Australia, Eropa, dan Afrika sejak 1970. Tahun 1993 karena perang Teluk, Taufiq pulang ke Indonesia sebelum selesai studi bahasanya. Pada tahun 1993, Taufiq diundang menjadi pengarang tamu di Dewan Bahasa dan Pusataka Kuala Lumpur. Taufiq selalu tampil membacakan puisi-puisinya.

4. Hal yang dapat diteladani dari Taufiq Ismail adalah ...
     a.  Ia memenangkan beasiswa American Field Service International School.
     b.  Ia aktif dalam berbagai kegiatan sastra dan bahasa.
     c.  Ia telah banyak menghasilkan syair lagu bertema religi
     d.  Ia selalu membacakan puisi-puisinya dalam peristiwa bersejarah.
     e.  Ia menjadi tamu undangan di Dewan Bahasa dan Pustaka Kuala Lumpur.

5. Mengapa Taufiq pulang ke Indonesia sebelum selesai studi bahasanya?
     a.  Karena kesibukannya dalam berbagai kegiatan.
     b.  Karena mengajar salah satu SMA di Bogor.
     c.  Karena terjadi Perang Teluk tahun 1993.
     d.  Karena ingin melanjutkan studinya di Indonesia.
     e.  Karena diundang menjadi pengarang tamu.

6.    Perhatikan paragraf berikut ini!
Bengawan Solo kembali mengamuk atas eksloitasi, destruksi, dan keserakahan manusia.
Jembatan dan akses jalan putus. Permukiman dan sawah terendam banjir. Rakyat miskin
kedinginan, lapar, stress, bahkan terkubur hidup-hidup oleh tanah longsor. Tanah longsor mejadi
subur karena banyak humus didalamnya.

Ide pokok paragraf tersebut adalah...
a.    Mengamuknya Bengawan Solo
b.    Keadaan banjir Bengawan Solo
c.    Terulang lagi musibah Bengawan Solo
d.    Rusaknya bantaran Bengawan Solo
e.    Amukan dahsyat Bengawan Solo

       Bacalah kalimat panjang berikut dengan saksama!

          Sejak lahirnya konsep pemikiran baru dalam ilmu kedokteran, yang dicetuskan oleh profesor Linus Pauling, yakni tentang ortomolecular medicine yang pada dasarnya adalah studi biologi molekular sebagai sains dasar, penelitian medis diarahkan pada molekul-molekul yang secara normal biologis filosofis ada dalam tubuh manusia.
      
7.    Inti kalimat panjang tersebut adalah...
a.    Konsep pemikiran baru dicetuskan oleh Profesor Linus Pauling
b.    Ortomolecular medecine adalah sains dasar
c.    Ortomolecular medecine dasarnya adalah studi biologi
d.    Penelitian medis diarahkan pada molekul
e.    Biologi molekuler merupakan sains dasar

       Perhatikan Paragraf berikut ini!

          Jumlah becak di Kota Solo sangat banyak. Alat transportasi ini masih disukai warga Solo saat berpergian dalam jarak dekat. Namun begitu, persoalan muncul dengan keberadaan becak tersebut. Salah satu persoalan tersebut adalah pelanggaran lalulintas yang sering dilakukan para pengemudi becak. Pelanggaran lalu lintas itu terjadi karena para pengemudi becak merasa bebas dari aturan. Meskipun lampu rambu lalulintas menyala merah, tetap saja mereka menerobos. Pelanggaran lalu lintas semacam itu sangat berbahaya bagi pengemudi becak dan pengguna lain jalan.

8.    Tujuan penulisan paragraf tersebut adalah...
a.    Menjelaskan keindahan becak sebagai alat transportasi tradisional di Kota Solo.
b.    Menginformasikan permasalahan pelanggaran lalu lintas oleh pengemudi becak di Kota Solo.
c.    Mengajak warga Solo agar tetap melestarikan keberadaan becak sebagai warisan budaya.
d.    Menjelaskan pelanggaran lalu lintas bagi pengemudi kendaraan dan pengguna jalan.
e.    Menginformasikan adanya peraturan yang dibuat khusus untuk pengemudi becak di Kota Solo.

Bacalah Paragraf berikut ini !

          1) Kekerasan terhadap anak semakin marak. 2) Satgas Perlindungan Anak misalnya, setiap hari menerima laporan kekerasan dan kejahatan terhadap anak. 4) Tingginya angka kekerasan tehadap anak memperlihatkan ketidakpedulian kita terhadap anak untuk tumbuh dan berkembang dengan wajar, bebas dari rasa takut, dan ancaman. 5) Oleh karena itu, kita menuntut Kementrian Perlindungan Perempuan dan Anak membuat kebijakan nasional yang lebih konkret dalam melindungi anak.

9.    Opini penulis dalam paragraf tersebut ditunjukan dalam kalimat...
       a. 1 dan 2
       b. 1 dan 5
       c. 2 dan 3
       d. 3 dan 5
       e. 4 dan 5
10. Perhatikan kutipan berikut!

          Pada dasarnya untuk menciptakan sekolah yang ramah anak, harus ada proses revolusi hati,pikiran, dan tindakan dari seluruh elemen pendidikan, terutama guru. Guru adalah garda depan dalam mewujudkan suasana belajar menyenangkan di sekolah. Menarik dan tidaknya sebuah proses pembelajaran tidak semata bertumpu pada lembaran buku teks pelajaran, tetapi pada sosok guru yang mampu menyampaikan materi dengan menarik dan kreatif.
          Sayangnya , realitas di lapangan menunjukan proses pembelajaran di sekolah masih terkesan satu arah. Pihak sekolah masih menempatkan sosok guru sebagai sosok utama dan paling berkuasa dalam pembelajaran. Kondisi tersebut membuat siswa tidak berkembang. Siswa minim kreativitas karena tidak ada hubungan timbal balik(feedback) . Oleh karena itu, dibutuhkan revolusi hati, pikiran, dan tindakan untuk mewujudkan sosok guru tangguh, inspiratif, dan kreatif.

       Dalam kutipan tajuk rencana tersebut, penulis berpihak kepada...
a.    Siswa
b.    Sekolah
c.    Guru
d.    Kepala sekolah
e.    Elemen pendidikan

       Bacalah kutipan tajuk rencana berikut!

           Salah satu keluhan wajib pajak adalah terbatasnya bank dan loket yang melayani pembayaran PBB. Pemerintah Daerah menginginkan pembayaran dilakukan di bank pembangunan daerah (BPD) agar BPD dapat menghimpun dana untuk memperkuat likuiditas.
           Meski demikian, keinginan tersebut jangan sampai mengalahkan layanan kepada wajib pajak. Pemerintah daerah wajib meningkatkan kualitas layanan. Pelayanan yang tidak memuaskan akan menjadi alasan wajib pajak menunda atau tidak memenuhi kewajibannya.

11.  Pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...
       a. para wajib pajak
       b. pemerintah daerah
       c. Bank Pembangunan Daerah
       d. pembayaran PBB
       e. pihak ketiga           

       Perhatikan paragraf berikut!
           Sistem bertanam hidroponik dapat dilakukan dengan media apapun. Selain itu, sistem hidroponik tidak memerlukan air terlalu banyak. Penggunaan pupuk juga tidak mencemari tanah dan lingkungan sekitar. Hasil bertanam sistem hidroponik tidak kalah dengan sistem penanaman langsung di tanah. Biaya awal pembuatan mesin hidroponik yang agak mahal dapat disiasati dengan penggunaan bahan-bahan bekas di sekitar kita. Sistem bertanam hidroponik mempunyai kelebihan dan kekurangan.
12.  Kalimat utama yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah...
a.    Sistem bertanam hidroponik mempunyai kelebihan dan kekurangan
b.    Penggunaan pupuk sistem hidroponik tidak mencemari tanah dan lingkungan sekitar
c.    Biaya awal pembuatan sistem hidroponik termasuk mahal
d.    Sistem bertanam hidroponik dapat dilakukan dengan media apapun
e.    Sistem hidroponik tidak memerlukan air terlalu banyak

13.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
            Taman Laut Alor adalah satu dari empat taman bawah laut yang ada di Indonesia. Lokasi taman laut tersebut membentang ribuan hektar. Lautnya bersih dan warna terumbu karangnya masih utuh. Beragam ikan langka ditemukan disini.
       Informasi tersirat dari paragraf tersebut adalah...
a.    Tiga taman lain di Indonesia, yakni Taman Laut Bunaken, Raja Ampat, dan Pulau Komodo juga mempunyai terumbu karang yang indah.
b.    Lokasi keempat taman laut tersebut membentang ribuan hektar di sepanjang pantai sumatera yang indah.
c.    Sebagian air lautnya bersih dan warna terumbu karangnya masih utuh sehingga terlihat indah.
d.    Beragam ikan langka seperti arwana dan oskar ditemukan di Bunaken, taman laut yang indah ini.
e.    Ada empat taman laut di Indonesia bagian barat dan atau Indonesia bagian timur yang masih alami.

14.  Bacalah dengan cermat paragraf berikut!
          (1) Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terhadap Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh 21 perusahaan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum. (2) Selain itu, ada yang layak minum, tetapi dengan catatan harus dicermati lagi proses produksinya. (3) Jika tidak, ia bisa menjadi tak layak minum. (4) Penelitian YLKI ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya AMDK gelas yang tercemar karena bocor dan di temukannya nomor registrasi yang berbeda-beda dalam satu dus. (5) Bahkan, ada AMDK yang kandungan koloninya jauh melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu tahun lebih.
       Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf adalah...
a.    Standar SNI untuk AMDK gelas boleh melebihi asal batas waktu kedaluwarsanya masih lama.
b.    Konsumen harus berhati-hati dengan AMDK gelas karena banyak AMDK gelas yang tidak layak minum.
c.    Kandungan koloni pada AMDK gelas tidak akan berubah sejak dari pabrik hingga konsumen
d.    YLKI hanya bertugas meneliti AMDK gelas dan tidak perlu meneliti AMDK botol atau galon
e.    Kandungan plastik pada kemasan tidak akan mencemari air minum mesti diletakkan di tempat yang tidak layak.

       Bacalah dua kutipan teks berikut ini!
       Teks I
          Mata pelajaran bahasa daerah akan tetap ada di kurikulum 2013 sebagai muatan lokal. Selain bahasa daerah, muatan lokal yang bisa diisi materi kearifan lokal sesuai kebutuhan daerah atau sekolah masing-masing. Mendikbud menjelaskan hal itu, Kamis(3/1) di Jakarta.
       Teks II
          Mendikbud menjelaskan bahwa dalam kurikulum baru terdapat pelajaran seni, budaya, dan prakarya. Sekolah dapat memanfaatkan pelajaran seni, budaya, dan prakarya untuk mengajarkan bahasa daerah.
15.  Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah...
      

Teks I
Teks II
a.
diawali unsur berita apa
diawali unsur berita siapa
b.
diawali unsur berita siapa
diawali unsur berita apa
c.
diawali unsur berita di mana
diawali unsur berita siapa
d.
diawali unsur berita kapan
diawali unsur berita dimana
e.
diawali unsur berita bagaimana
diawali unsur berita kapan

16.  Bacalah dua teks berita berikut!
            Teks Berita I
             Seorang pria paruh baya berusia sekitar 40-50 tahun terserempet Kereta Commuter line di Stasiun Citayam. Pria yang belum diketahui identitasnya tersebut terserempet kereta dari arah Bogor ke Jakarta. Beruntung nyawanya masih tertolong. Korban mengalami luka ringan dan patah kaki. Petugas Stasiun Citayam, Rendi, Menuturkan kejadian itu terjadi pukul 08.20 WIB. Kejadian nerawal saat pria tersebut hendak menuju peron arah Bogor.
       Teks Berita II
             Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogor-Jakarta menyerempet seorang pria di Stasiun Citayam. Diduga pria paruh baya berusia 40-50 tahun tersebut nekat menyebrangi rel meski kereta sudah dekat. Seorang saksi mata, Reza Indragiri, mengatakan sebelum kejadian ada sebuah KRL akan berhenti di Stasiun Citayam. Menjelang berhenti, ada orang masih menyeberang rel menuju peron tanpa menghiraukan kemungkinan tertabrak KRL.
       Persamaan isi kedua teks berita tersebut adalah...
a.    Kondisi pria paruh baya yang terserempet kereta di Stasiun Citayam mengalami luka ringan dan patah kaki
b.    Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogor-Jakarta menyerempet seorang pria paruh baya di Stasiun Citayam
c.    Menurut petugas stasiun, kejadian yang menimpa pria paruh baya tersebut terjadi sekitar pukul 08.20 WIB
d.    Pria paruh baya yang terserempet KRL itu nekat menyeberang rel meskipun kereta sudah dekat
e.    Seorang korban yang terserempet kereta api tapi masih bisa selamat
17.  Bacalah kedua teks berikut ini!

          Bacaan I

          Banyak lho aktivitas keseharian kita yang tanpa kita sadari adalah aktivitas yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagai contoh aktivitas pola tidur yang baik, pola makan yang baik, dan pola keseharian yang baik. Nah, aktivitas itu jika benar-benar dilakukan sangat menjamin  tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Cara menjaga kesehatan seperti ini tidak perlu mengeluarkan uang banyak dibanding dengan cara modern dan instan. Cara alami kayak gini juga bisa menjadi cara menjaga kesehatan tubuh mulai dari paru-paru, jantung, dan mata. Selanjutnya cara-cara tersebut bisa dilakukan dengan cara olahraga rutin, makan teratur, banyak minum air putih, mengonsumsi obat herbal, dan menjalani pola hidup sehat.

       Bacaan II

            Mengonsumsi pola makan sehat dan seimbang merupakan anjuran mendasar yang hakiki bagi semua orang. Di mana asupan zat gizi yang terkonsumsi menentukan aspek kesehatan nutrsisi setiap individu. Zat gizi tersebut diantaranya karbohidrat, tepung-tepungan, gula , lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat.
             Pola makan sehat dan seimbang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut, diantaranya menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, pola makan sehat dan seimbang dapat meningkatkan konsentrasi serta kinerja otak. Pola makan tidak sehat akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, salah satunya menyebabkan ketidakmaksimalan kinerja tubuh dalam melaksanakan aktivitas.
                                                                                             
       Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua bacaan tersebut adalah...
      

Bacaan I
Bacaan II
a.
bahasa baku
bahasa sehari-hari
b.
bahasa baku
bahasa tidak baku
c.
bahasa resmi
bahasa santai
d.
bahasa sehari-hari
bahasa ilmiah
e.
bahasa ilmiah
bahasa santai





18.  Perhatikan puisi berikut ini!
                                  Solitude
                        (Sutardji Calzum Bachri)
       Yang paling mawar
       Yang paling duri
       Yang paling sayap
       Yang paling bumi
       Yang paling pisau
       Yang paling risau
       Yang paling nancap
       Yang paling dekap
       Samping Yang paling Kau!
      
       Berdasarkan puisi kontemporer diatas, ciri-ciri yang paling dominan adalah...
a.    ukiran bentuk/tipografi
b.    unsur parodi
c.    pengulangan bunyi
d.    paralelisme dan hiperbola
e.    diksi campuran

19.  Bacalah kutipan cerpen berikut!

           Dampu Awang jadi gelisah sendiri. Tetapi ia segera memutuskan untuk tidak bercerita tentang orang tuanya yang ada di desa. Tetapi ia segera ingat dengan dosa. Apa yang akan dilaksanakan termasuk dosa besar? Tuhan akan benar-benar marah kepada orang yang berani kepada orang tuanya. Walau itu hanya didalam hati. Karena Dampu Awang tidak ingin kehilangan istrinya yang cantik jelita dan lemah lembutnya tiada tandinganya di dunia ini, maka ia tetap bersikeras untuk tidak mengatakan pada istrinya bahwa dirinya masih mempunyai seorang emak yang sudah tua dan sering sakit-sakitan.
      
       Konflik kutipan cerpen tersebut adalah...
a.    meninggalkan istri untuk berlayar
b.    tidak menceritakan orang tua yang ada di desa
c.    mencari emak yang sudah tua dan sakit-sakitan
d.    istri yang tidak mau mengenal orang tua suaminya
e.    Tuhan yang marah kepada orang yang berani kepada orang tuanya


20.    Perhatikan paragraf berikut ini!
Novel “Sabtu Bersama Bapak” yang ditulis oleh Adithya Mulya menceritakan sebuah keluarga. Pak Gunawan dan Bu Itje memiliki dua anak laki-laki, Satya dan Cakra. Kisah bermula ketika Pak Gunawan terkena penyakit kanker dan hanya mempunyai waktu satu tahun lagi berkumpul bersama dengan keluarganya.
Di tengah perjuangannya melawan kanker, Pak Gunawan menyempatkan membuat video untuk ditonton kedua anaknya. Video-video tersebut berisi nasihat dan bekal kehidupan untuk kedua anaknya. Setelah Pak Gunawan meninggal kedua anaknya mempunyai kebiasaan menonton video tersebut di hari Sabtu. Novel ini penuh dengan pesan pendidikan, terutama pendidikan orang tua kepada anaknya.
Kalimat resensi yang mengungkapkan kelebihan novel sesuai paragraf tersebut adalah ...
a.     Adithya Mulya dalam novelnya menyajikan peristiwa-peristiwa yang tidak menggugah perasaan pembaca, terutama saat penulis melontarkan lelucon
b.     Novel Sabtu Bersama Bapak ini penuh dengan pesan pendidikan sehingga dapat menjadi bacaan bagi para orang tua dan calon orang tua
c.      Novel Sabtu Bersama Bapak karya Adithya Mulya menggambarkan anak remaja saat ini yang jauh dari pendidikan orang tuanya
d.     Certia-cerita dalam novel Sabtu Bersama Bapak ini sangat menggugah perasaan pembaca, sehingga tidak mengherankan jika novel ini meraih best seller
e.     Novel Sabtu Bersama Bapak yang ditulis Adithya Mulya ini lebih cocok dikategorikan ke dalam sebuah cerita biografi karena menceritakan kisah kehidupan seseorang hingga meninggal dunia

      
21.  Perhatikan kutipan berikut ini!
Rumahku
Rumahku dari unggun-unggun sajak
Kaca jernih dari segala nampak
Kulari dari gedung lebar halaman
Aku tersesat tak dapat jalan
Kemah kudirikan ketika senjakala
Di pagi terbang entah kemana
Rumahku dari unggun-unggun sajak
Di sini aku berbini dan beranak
Rasanya lama lagi, tapi datangnya datang
Aku tidak lagi meraih petang
Biar berleleran kata manis madu
Jika menagih yang satu

Kalimat kritik positif yang sesuai dengan kutipan puisi tersebut adalah ...
a.    Pilihan kata dalam kutipan puisi “Rumahku” terkesan datar karena syairnya sederhana.
b.    Kata-kata dalam puisi tersebut hanya diulang-ulang yang menandakan penyair tidak kreatif dalam bermain kata-kata.
c.    Pembaca sulit untuk menafsirkan makna puisi karena penuh dengan kata kiasan.
d.    Puisi “Rumahku” tidak menarik karena lariknya terkesan bercerita secara langsung.
e.    Kutipan puisi tersebut mengandung repetisi. Repetisi tersebut bukan merupakan kelemahan, melainkan memperkuat arti dan membuat pikiran terkonsentrasi untuk merenung yang dapat menimbulkan daya pesona.
22.    Perhatikan dua kutipan novel berikut ini!
Novel I
Siapa bapakku, demikian pula di mana aku diperanakkan oleh bundaku, tiada kukeahui dengan benar, tetapi antara ada dengan tiada, masih terbayang-bayang dalam ingatanku, wajah seorang laki-laki yang selalu menjulang aku, semasa aku mulai fasih berkata-kata. Jika sungguh orang itu bapakku, tiadalah lain yang kuketahui tentang perawakan badannya, lain daripada tinggi dan lampai, karena jika kuingat ketika aku merecak tengkuknya , riang rasa tengkukku meracak bumi.
(Suman. H.S, Percobaan Setia)
Novel II
Malam itu kau melihat kapal-kapal mereka nun jauh di laut, sedang berlayar menuju pulaumu. Armada dengan layar-layar berkibar dan tiang-tiang tegak, berpadu ombak membelah ombak, angin berharum garam membawa semacam aroma lain yang sengatnya tajam. Kapal-kapal itu datang laju, menuju cercah-cercah serupa nyala emas hangus yang bertebaran di permukaan gunung, gemerlap yang kelam, sarat bersusun-susun, memancar terlalu terang untuk pulau sekecil itu.
(Nukila Amal, Cala Ibi)
Perbedaan gaya bahasa kedua kutipan novel tersebut adalah . . .

Novel l
Novel ll
a.
b.
c.
d.
e.
menggunakan bahasa lugas
menggunakan majas
menggunakan bahasa lugas
menggunakan bahasa resmi
menggunakan ungkapan
menggunakan ungkapan
menggunakan bahasa sehari-hari
menggunakan majas
menggunakan bahasa populer
menggunakan bahasa melayu

23.  Bacalah kutipan cerpen berikut!
     Ayah datang kepadaku! Aku berlari ke ruamg tamu. Kulihat ayah sedang mengamat-amati foto Hamzah yang dipegang oleh istriku di lemari pajangan. Farida dan Farah sedang membuka-buka album foto pernikahanku. Kunyalakan lampu ruang tamu. Tiba-tiba aku merasa bau ruang tamuku begitu sengit. Padahal, sebelumnya tidak pernah tercium olehku bau yang sesengit ini. Mungkin karena aku gentar bertemu dengan ayah. Ayah orang yang sangat rapi. Ia akan ribut jika rumah kami berantakan, apalagi ruang tamu. Menurutnya, tamu harus diperlakukan sebaik-baiknya.
“Maaf, Yah! Keadaannya berantakan. Si Hamzah ngompol setiap saat dan aku lupa tidak menjemur sofa yang kena ompol,” kataku. Ayah terus saja menatap foto-foto cucunya.
“Jangan cucuku disalah-salahkan,” katanya
Watak tokoh “Ayah atau kakek” pada kutipan cerpen tersebut yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari adalah ...
a.    memiliki seorang anak yang malas menjaga kebersihan dan kerapihan
b.    orang tua sering menyalahkan anaknya
c.    rasa sayang kakek kepada cucu mengalahkan segala-galanya
d.    seorang ayah yang tidak peduli pada kebersihan dan kerapihan
e.    kakek sangat menyayangi cucu-cucu menantunya

24.  Bacalah kutipan novel berikut ini!
  1) Aku terus mengekori Ayah berjalan ke arah lain dan melakukan hal yang sama dengan tiga laki-laki lagi. 2) bersalaman lama, di bawah sarung, saling menatap. 3) Pada orang terakhir Ayah menyodorkan sebungkus uang , dan gantinya Ayah menarik seekor sapi gemuk keluar lapangan. 4) Sapi selalu dinaikkan ke otoprah, dikirim langsung ke kampung kami di Maninjau. 5) Amanat dari jamaah surau kami untuk membeli seekor sapi untuk kurban Idul Adha minggu depan telah ditunaikan Ayah.
       (Negeri 5 Menara, A. Fuadi)

       Kalimat yang menyatakan bahwa latar tempat yang terjadi pada peristiwa tersebut   berada di pasar ternak adalah ...
a.    1
b.    2
c.    3
d.    4
e.    5

25.  Bacalah kutipan cerpen berikut!
  “Jangan ditanya rantau jauh saya. Tapi, pandanglah saya dari kecintaan pada orang dan kampung ini. Walau cuma bisa kasih kurma, itu indah sekali ...,” begitu kilahnya, seraya berkata lagi sambil menunjuk dadanya, ”semua tergantung disini. Rantau yang jauh tiada taranya, di dalam dada. Begitu pula sebaliknya, di dada. Rasakan makna niatnya ...”
Biasanya, kami mengangguk-angguk. Ia tersenyum. Dan, entah siapa yang memberinya gelar, kami akrab memanggil Pak Ayub sebagai Tuan Kurma yang bijaksana. Ukuran bijaksana ini pun kami tak tahu pasti. Yang jelas enak, menyebutnya , dan terasa patut, dan mungkin, ia tepat sekali. Kadang ada yang patut, tap tak mungkin. Ada yang mungkin, tapi tak patut.

Nilai moral dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
a.    Seseorang yang memberikan kurma kepada warga kampung agar mendapatkan pujian
b.    Seseorang ysng berbagi kurma kepada warga kampung disertai niat dan rasa ikhlas dari hatinya
c.    Seseorang yang selalu mengharapkan pemberian kurma dari orang lain setiap tahunnya
d.    Seseorang yang memberikan gelar kepada oranglain karena kebaikannya selama ini
e.    Seseorang yang merantau jauh dan pulang membawa beragam oleh-oleh, diantaranya kurma


26.  Perhatikan kutipan hikayat berikut!
  Tersebut pula perkataan seorang dewata, artinya semangat negeri itu, merupakan diri seperti manusia. Ia mengemukakan empat teka-teki yang mesti dijawab: kalau tidak, ia akan memutuskan batang leher raja dan menghumbankannya dari atas kerajaan. Raja ketakutan dan menyuruh memanggil Mahasyodhak kembali ke istana. Dengan mudah saja, Mahasyodhak menjawab teka-teki itu. Dewata itu berkata kepada raja:
“Hai raja, hendaklah jangan kau dengarkan fitnah dan hendaklah kau periksa baik-baik suatu pekerjaan dan pelihara isi negeri ini, supaya jangan berdosa engkau pada hari kemudian. Karena dunia ini tiada kekal adanya ...”
Nilai dalam kutipan hikayat tersebut yang sesuai dengan kehidupan saat ini adalah ...
a. seorang raja hendaknya melindungi rakyat dari perbuatan tidak baik
b. perintah seorang raja hendaknya segera dilaksanakan
c. teka-teki yang diberikan oleh dewata hendaknya segera dijawab oleh seorang pemimpin
d. seorang pemimpin harus bersikap jujur karena kehidupan di dunia hanya sementara
e. seorang pemimpin hendaknya tidak mendengarkan fitnah dan bekerja sebaik mungkin

27.  Perhatikan kutipan resensi berikut ini!

           Aspek menarik perlu dicatat adalah kesadaran Raditya terhadap plot film sebagai entitas berbeda dan merdeka dari penjajahan sumber adaptasi. (...) Bahkan, demi menjaga keutuhan plot, Dika mempreteli cerita sampai pada tataran karakteristiknya. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu.
      
       Kalimat yang tepat untuk melengkapi ulasan resensi yang rumpang tersebut adalah...
a.    Dika ingin semua bagian dalam buku dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh
b.    Dika memisahkan bebrapa bagian dalam buku yang kurang menarik agar tidak dimasukkan dalam pembuatan film
c.    Semua unsur canda dalam buku Karya Dika tetap dimasukkan dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh
d.    Dika merelakan beberapa bagian dalam buku tidak dimasukkan dalam film agar keutuhan plot terjaga
e.    Semua komedian, termasuk Dika menyadari bahwa mengulang-ulang guyonan tidak akan membuatnya bertambah lucu

28.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
      
(1)  Kayu ramin diimpor oleh pedagang-pedagang Singapura dan Kalimantan Barat.
(2)  Di sana diolah menjadi perabot rumah tangga.
(3)  Tentu saja harga sudah 7 atau 8 kali lipat di Kalimantan Barat.
(4)  Kemudian dikirim ke Jakarta, dan terkenal sebagai kayu jati Singapura.
Susunan paragraf yang baik dari kalimat-kalimat diatas adalah...
a.    2-3-1-4
b.    1-2-4-3
c.    3-2-1-4
d.    1-2-3-4
e.    1-3-4-2

29.  Perhatikan paragraf berikut ini!

          Buah merah merupakan tanaman khas Provinsi Papua yang berasal dari suku pandan-pandanan. Dalam kehidupan sehari-hari buah merah dimanfaatkan sebagai sumber makanan. Masyarakat pedalaman Provinsi Papua mengonsumsi buah merah yang dimasak bersama keladi dan umbi jalar. Sebelum dimasak, buah merah dibelah dan dibuang bagian dalamnya. (...) buah merah lalu dimasak dalam bentuk potongan besar atau kecil-kecil. Setelah matang, buah merah langsung dimakan tanpa bahan pendamping.

     Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi tersebut adalah...
a.    Setelah buah merah direndam dalam air
b.    Setelah buah merah diperas untuk diambil airnya
c.    Kemudian, buah merah ditumbuk atau diblender
d.    Kemudian buah merah dijemur hingga kering
e.    Selanjutnya buah tersebut dicuci hingga bersih

30.  Cermati paragraf deskripsi berikut ini!
      
Di pingir jalan banyak orang berjualan kue dan minuman. Harga kue dan minuman sangat terjangkau. Sayang, banyak lalat karena tidak jauh dari tempat itu tumpukan sampah. Dari tumpukan sampah itu lalat terbang, lalu hinggap di kue dan minuman. Orang-orang yang makan tidak merasa terganggu oleh lalat itu. ... .

Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
a.    Mereka tidak terganggu dengan tumpukan sampah yang mulai menggunung
b.    Mereka tetap menikmati makanan dan minuman sambil beristirahat
c.    Banyak pembeli yang tidak suka dengan kehadiran lalat tersebut
d.    Lalat-lalat itu memang suka hinggap di tumpukan sampah
e.    Orang-orang suka jajan di tempat itu karena murah
31.  Perhatikan paragraf berikut ini!
          Buku Matematika Aplikasi yang Diperuntukkan untuk SMA dan MA Kelas XII Program Studi Alam ini digunakan sebagai sumber pengetahuan agar siswa dapat mendalami pelajaran Matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E.S. dan Cecep Anwar H.F.S., di mana di dalam buku ini siswa dapat belajar secara aktivitas di kelas, gamemath, dan siapa berani. Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa lugas dan ilustrasi menarik. (...) Selain itu, buku ini didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain, dan ilustrasi menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.

     Kalimat yang tepat untuk melengkapi resensi buku tersebut adalah...
a.    Gambar yang disajikan pada buku ini tidak berwarna sehingga biasa saja dapat menimbulkan kurangnya minat para siswa dalam mengkaji buku tersebut
b.    Kualitas kertas yang digunakan untuk mencetak buku ini kurang bagus sehingga mudah cacat atau robek
c.    Buku ini berbalur ungkapan santun dan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa
d.    Info mathe digunakan sebagai informasi untuk membuka wawasan informasi matematika dan perkembangan teknologi
e.    Glosarium disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.

32.  Bacalah paragraf berikut!

           Raja itu memerintah dengan ... Perilaku kejam itu menurun kepada para ... raja tersebut. Setiap mereka menagih pajak, tidak pernah kembali dengan ... karena mereka selalu menagih dengan memaksa.

       Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a.    besar kepala, pembantu-pembantunya, tangan kosong.
b.    tangan besi, tangan kanan, tangan hampa.
c.    manis mulut, bawahan mereka, tangan kosong.
d.    keras kepala, kaki tangan, tangan besi.
e.    tangan besi, bawahan mereka, keras kepala.

33.  Perhatikan ilustrasi berikut ini!
      
           Dahulu Pak Idris menjadi orang paling sukses di kampungnya. Usahanya dalam bidang ekspor kain berhasil hingga memiliki beberapa cabang. Namun setelah terjadi krisis moneter usaha yang dirintisnya selama bertahun-tahun mengalami kebangkrutan. Semua asetnya di beberapa tempat habis terjual untuk melunasi hutangnya. Kini Pak Idris harus hidup merangkak lagi dari nol.

       Peribahasa yang tepat dari ilustrasi tersebut adalah...
a.    air beriak tanda tak dalam
b.    air besar batu bersibak
c.    air ada pasang ada surut
d.    air jernih ikannya jinak
e.    air orang disauk, ranting orang dipatah

34.  Cermatilah kutipan puisi berikut dengan saksama!

       Andai esok tak ada lagi mentari
       Arah langkah terhenti seketika
       Langit berubah warna kelabu
       ...
       Bunga-bunga mendadak layu
       Kalimat bermajas yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang puisi tersebut adalah ...
a.    Gerimis pun mulai reda lagi
b.    Udara dingin sekali
c.    Angin dan embun pagi berhenti menyapa
d.    Tanpa lentera akan gelap sekali
e.    Pembawa berita bercerita

35.  Perhatikan paragraf berikut ini!
      
          Budaya nabung penting dimulai sejak dini. Budaya nabung dapat mendidik anak untuk mengendalikan diri dalam bersifat konsumtiv. Dengan nabung anak belajar membelanjakan uangnya secara bijak. Kegemaran nabung memang besar manfaatnya sebagai bekal untuk  masa depan. Selain itu, budaya nabung dapat dijadikan sebgai bagian dari gaya hidup di kalangan pelajaran dan dan melatih mereka dalam mengkelola keuangan.
      
       Perbaikan kata yang tercetak miring adalah...
a.    menabung, konsumtife, kelola
b.    menabung, konsumtive, pengelola
c.    menabung, konsumtif, mengelola
d.    menabung, konsumtip, pengelolaan
e.    menabung, konsumtive, mengelolakan

36.  Bacalah paragraf berikut!
          (1) Bakat tidak selamanya dapat membawa aktivitas tulis-menulis menjadi mudah dan lancar. (2) Berulang kali para pakar mengatakan bahwa menulis merupakan pelajaran dasar yang sudah kita dapatkan semenjak duduk di bangku sekolah dasar. (3) Sering kali ketika kita hendak menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan, sesuatu yang bernama “bakat” selalu menjadi semacam “kambing hitam” . (4) Menulis membuat orang sering berkhayal. (5) Dengan demikian, aktivitas menulis seringkali sekedar dikaitkan dengan bakat seseorang.
       Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah nomor...
a.    (1)
b.    (2)
c.    (3)
d.    (4)
e.    (5)

37.  Perhatikan kalimat berikut ini!
          Kita tidak... beratnya sanksi bagi pelanggar... lalu lintas karena hal itu... bukan merupakan sumber masalah.
     Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah...
a.    dipersoalkan, pengaturan, pembenarannya
b.    mempersoal, pengaturan, kebenarannya
c.    mempersoal, peraturan, dibenarkannya
d.    mempersoalkan, peraturan, sebenarnya
e.    dipersoalkan, peraturan, sebenar-benarnya

38.  Perhatikan paragraf berikut ini!
      
       Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menerima usulan untuk menutup infestasi asing di bidang usaha produk elektron berbasis Tehnologi sederhana, seperti kipas angin. Selain kipas angin, produk lain berbasis teknologi sederhana, di antaranya, setrika listrik, rice cooker, blender, dan lemari satu pintu.

       Penulisan ejaan pada paragraf tersebut tidak tepat karena...
a.    Penulisan kata infestasi seharusnya ipestasi. Dan elektron seharusnya elektronik dan kata tehnologi seharusnya teknologi
b.    Penulisan kata infestasi seharusnya investasi, kata elektron seharusnya elektronic, dan kata tehnologi seharusnya teknologi.
c.    Penulisan kata infestasi seharusnya ipestasi, kata elektron seharusnya elektroda, dan kata tehnologi seharusnya teknologi
d.    Penulisan kata infestasi seharusnya investasi, kata elektron seharusnya elektronik, kata tehnologi seharusnya teknologi
e.    Penulisan kata infestasi seharusnya investasi, kata elektron seharusnya elektronik, dan kata tehnologi seharusnya tekhnologi

39.  Perhatikan paragraf berikut ini!

           Dalam buku ini ingin mengatakan bahwa orang-orang yang menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu betul soal diri Ayu alias cuma sok tahu.
      
       Perbaikan yang tepat terhadap struktur yang salah pada kalimat tersebut adalah...
a.    Dalam buku ini ingin menceritakan orang-orang yang menghakimi Ayu itu cuma sok tahu
b.    Buku ini ingin mengatakan bahwa orang-orang yang menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu betul soal diri Ayu alias cuma sok tahu
c.    Buku ini ingin mengatakan tentang orang-orang yang dihakimi itu, bahwa sesungguhnya diri Ayu itu cuma sok tahu
d.    Buku ini ingin menceritakan orang-orang yang menghakimi diri Ayu itu cuma sok tahu
e.    Buku ini dikatakan oleh orang-orang yang menghakimi Ayu itu  sebagai orang yang cuma sok tahu

40.  Judul karya tulis: menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri.
       Penulisan judul makalah yang tepat adalah...
a.    Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri
b.    Menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
c.    Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan kepercayaan diri
d.    Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
e.    Menggali Potensi diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri







































II. Soal Essay
Jawablah soal-soal berikut ini!

1.    Buatlah sebuah teks berita dengan tema “Bencana Alam” yang disesuaikan dengan
rumusan 5W+1H !
2.    Perbaikilah penulisan alamat yang dituju sesuai dengan EYD !

          kepada
yth. :  Bapak kepala direktur pt. angin tornado
jln. Arimbi nomor 37
bandung.

3.    Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama !

     Sang mentari pun terbit dari timur, serta burung-burung sudah beterbangan kesana kemari seakan-akan ikut gembira. Meskipun begitu, Salman tampak murung. Harapannya hancur karena tidak dapat mempertahankan rangking satu.
     Saat proses pembelajaran akan dimulai, tanpa disangka-sangka Dewa, sahabatnya, datang bersama Anjas. Maka Salman pun geram karena si anak baru itu telah mengambil semua miliknya selama ini, mulai dari bintang kelas hingga sahabat karib. Salman tidak kuat menahankan kesabaran, ia pun tanpa berpikir panjang memukul meja dengan kuat.

Tunjukkan unsur-unsur instrinsik  !


4.    Bacalah kalimat kompleks dibawah ini, kemudian carilah inti kalimatnya!

    Seorang wanita paruh baya berusia 30-40 tahun akan mengikuti seminar rias pengantin adat Jawa di Balai Desa Debong Tengah, Kecamatan Dukuhturi, pada tanggal 25 Februari 2018.

5.    Buatlah sebuah puisi berdasarkan ilustrasi berikut!

     Sekalipun miskin, Sandat selalu menanamkan kepercayaan diri yang besar pada Cenana, anak semata wayangnya. “Hidup selalu berubah. Kau boleh punya banyak impian. Kita tahu bahwa kita masih hidup, masih beruntung. Tapi jangan pernah memaksakan semua impianmu jadi kenyataan. Kejarlah yang kira-kira bisa kau capai saja. Ah, kau makin besar, sehat, dan cantik.”

Labels: SOAL USBN SMA/MA

Thanks for reading SOAL USBN SMA/MA BAHASA INDONESIA. Please share...!

0 Comment for "SOAL USBN SMA/MA BAHASA INDONESIA"

Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar

Back To Top