Kangogud.com - sahabat pada kesempatan kali ini kita akan mengkaji tentang Keterampilan
Manajemen Sekolah. berikut selengkapnya
1. Pengertian
Keterampilan Manajemen Sekolah
Manajemen
di bidang pendidikan dapat disamakan dengan administrasi sekolah atau kepala
sekolah. Seorang kepala sekolah tidak hanya bertanggung jawab atas kelancaran
jalannya sekolah atau teknis akademis saja, melainkan semua kegiatan. Sebagai
kepala sekolah tugas pokoknya adalah memimpin dan mengelola guru dan staf
lainya untuk bekerja sebaik-baiknya demi mencapai tujuan sekolah.[1]
Terdapat
beberapa pendapat mengenai arti mengelola sekolah diantaranya adalah :
1. Menurut
depdiknas menyatakan :
Mengelola sekolah
adalah : mengatur agar seluruh potensi sekolah berfungsi secara optimal dalam
mendukung tercapainya tujuan sekolah.[2]
2. Menurut
Agus Subardi mengatakan :
Manajer adalah :
orang yang berkewajiban mengelola dan mengatur organisasi untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan dengan bantuan orang lain.[3]
2. Tingkat
Manajer
Menurut
Hasibuan, pada dasarnya tugas manajer pada semua tingkat itu sama dalam proses
manajemen yakni memberi semua fungsi manajemen dengan baik supaya tujuan
optimal dapat dicapai.[4]
Tingkat
manajer dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu:
A. Manajer
puncak (Top manager)
Adalah : pimpinan
tertinggi dari suatu perusahaan, yang termasuk dalam golongan ini adalah :
Direktur Utama dan Dewan Komisaris.
Corak bagian top
manager adalah memimpin organisasi, menentka tujuan serta berbagai
kebijakan pokok.[5]
B. Manajer
menengah (Middle manager)
Adalah pemimpin
menengah dari suatu perusahaan, yang termasuk golongan ini adalah : Kepala
Densi, Kepala Unit, Kepala Bagian, Pimpinan Cabang.
Corak kegiatan middle
manager adalah meimpin dan menguraikan kebijaksanaan pokok yang dikeluarkan
top manager.[6]
C. Manajer
terendah (Lower manager)
Adalah : pempimpin
terendah yang secara langsung memimpin, mengarahkan dan mengawasi para karyawan
pelaksana (operasional) dalam mengerjakan tugas-tugasnya supaya tujuan-tujuan
perusahaan tercapai.[7]
3. Pelaksanaan
Keterampilan Manajemen Sekolah
Kegiatan
manajemen seorang kepala sekolah meliputi beberapa kategori diantaranya :
1. Interpersonal,
yaitu kepala sekolah menjalankan fungsi sebagai figur, pemimpin / juru runding.
2. Informational,
yaitu kepala sekolah menjalankan fungsi sebagai pemantau, penyebar dan
perantara.
3. Diasional,
yaitu kepala sekolah menjalankan fungsi sebagai wiraswastawan, pengalokasi
sumber-sumber dan negosiator.[8]
Dalam
organisasi sekolah keterampilan manajemen sekolah berarti kemampuan kepala
sekolah dalam melaksanakan tugas berdasarkan kompetensi yang dimiliki oleh
kepala sekolah tersebut.
Sedangkan
proses pengelolaan sekolah mencakup 5 tahapan yaitu :
1. Perencanaan
(Planning)
Perencanaan adalah
: proses penentuan tujuan yang hendak dicapai untuk menetapkan jalan dan sumber
yang diperlukan untuk mencapai tujuan seefisien dan seefektif mungkin.
2. Pengorganisasian
Pengorganisasian di
sekolah dapat didefinisikan sebagai keseluruhan proses untuk memilih guru dan
personal-personal sekolah lainnya serta mengalokasikan sarana dan prasarana
untuk menunjang tugas-tugas dalam mencapai tujuan sekolah.
3. Pengerahan
(directing)
Pengerahan
merupakan suatu usaha untuk memberikan penjelasan, petunjuk serta pertimbangan
dan bimbingan terhadap para petugas yang terlibat, baik secara struktural
maupun fungsional agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar.
4. Pengawasan
(controling)
Pengawasan adalah
salah satu kegiatan untuk mengetahui realisasi perilaku personil dalam
organisasi pendidikan untuk mengetahui tingkat pencapaian serta tujuan
pendidikan sesuai dengan yang dikehendaki.
5. Perkoordinasian
(cordinating)
Pengkoordinasian
adalah kegiatan menghubungkan orang dalam suatu kelembagaan dan mencegah
timbulnya pertentangan.
[1]
M. Daryanto, Administrasi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 1998, hal.
2
[2]
Departemen Pendidikan Nasional, Manajemen Sekolah, Jakarta, 2005, hal. 3
[3]
Agus Subardi, Manajemen Pengantar, Edisi Revisi, Desain STIE YKPN,
Jogjakarta, hal. 10
[4]
Hasibuan, Manajemen, Dasar, Pengertian dan Masalah, Gunung Agung,
Jakarta, 2001, hal. 45
[5]
M.T. Hani Handoko, Manajemen Edisi 2, Dosen Fakultas Ekonomi UGM,
Yogyakarta, hal. 18
[6]
Ibid, hal. 18
[7]
Ibid, hal. 18
[8]
Sudarwan Darim, Inovasi Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung, hal. 137
Labels:
Kajian Teoritis
Thanks for reading Keterampilan Manajemen Sekolah. Please share...!
0 Comment for "Keterampilan Manajemen Sekolah"
Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar