Sahabat berbagi

Keterampilan Manajemen Sekolah

Kangogud.com - sahabat pada kesempatan kali ini kita akan mengkaji tentang Keterampilan Manajemen Sekolah. berikut selengkapnya 
   1.   Pengertian Keterampilan Manajemen Sekolah
Manajemen di bidang pendidikan dapat disamakan dengan administrasi sekolah atau kepala sekolah. Seorang kepala sekolah tidak hanya bertanggung jawab atas kelancaran jalannya sekolah atau teknis akademis saja, melainkan semua kegiatan. Sebagai kepala sekolah tugas pokoknya adalah memimpin dan mengelola guru dan staf lainya untuk bekerja sebaik-baiknya demi mencapai tujuan sekolah.[1]
Terdapat beberapa pendapat mengenai arti mengelola sekolah diantaranya adalah :
1.   Menurut depdiknas menyatakan :
Mengelola sekolah adalah : mengatur agar seluruh potensi sekolah berfungsi secara optimal dalam mendukung tercapainya tujuan sekolah.[2]
2.   Menurut Agus Subardi mengatakan :
Manajer adalah : orang yang berkewajiban mengelola dan mengatur organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan bantuan orang lain.[3]

2.   Tingkat Manajer
Menurut Hasibuan, pada dasarnya tugas manajer pada semua tingkat itu sama dalam proses manajemen yakni memberi semua fungsi manajemen dengan baik supaya tujuan optimal dapat dicapai.[4]
Tingkat manajer dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu:
A.   Manajer puncak (Top manager)
Adalah : pimpinan tertinggi dari suatu perusahaan, yang termasuk dalam golongan ini adalah : Direktur Utama dan Dewan Komisaris.
Corak bagian top manager adalah memimpin organisasi, menentka tujuan serta berbagai kebijakan pokok.[5]
B.   Manajer menengah (Middle manager)
Adalah pemimpin menengah dari suatu perusahaan, yang termasuk golongan ini adalah : Kepala Densi, Kepala Unit, Kepala Bagian, Pimpinan Cabang.
Corak kegiatan middle manager adalah meimpin dan menguraikan kebijaksanaan pokok yang dikeluarkan top manager.[6]
C.   Manajer terendah (Lower manager)
Adalah : pempimpin terendah yang secara langsung memimpin, mengarahkan dan mengawasi para karyawan pelaksana (operasional) dalam mengerjakan tugas-tugasnya supaya tujuan-tujuan perusahaan tercapai.[7]

3.   Pelaksanaan Keterampilan Manajemen Sekolah
Kegiatan manajemen seorang kepala sekolah meliputi beberapa kategori diantaranya :
1.    Interpersonal, yaitu kepala sekolah menjalankan fungsi sebagai figur, pemimpin / juru runding.
2.    Informational, yaitu kepala sekolah menjalankan fungsi sebagai pemantau, penyebar dan perantara.
3.    Diasional, yaitu kepala sekolah menjalankan fungsi sebagai wiraswastawan, pengalokasi sumber-sumber dan negosiator.[8]
Dalam organisasi sekolah keterampilan manajemen sekolah berarti kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas berdasarkan kompetensi yang dimiliki oleh kepala sekolah tersebut.
Sedangkan proses pengelolaan sekolah mencakup 5 tahapan yaitu :
1.    Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah : proses penentuan tujuan yang hendak dicapai untuk menetapkan jalan dan sumber yang diperlukan untuk mencapai tujuan seefisien dan seefektif mungkin.
2.    Pengorganisasian
Pengorganisasian di sekolah dapat didefinisikan sebagai keseluruhan proses untuk memilih guru dan personal-personal sekolah lainnya serta mengalokasikan sarana dan prasarana untuk menunjang tugas-tugas dalam mencapai tujuan sekolah.
3.    Pengerahan (directing)
Pengerahan merupakan suatu usaha untuk memberikan penjelasan, petunjuk serta pertimbangan dan bimbingan terhadap para petugas yang terlibat, baik secara struktural maupun fungsional agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar.
4.    Pengawasan (controling)
Pengawasan adalah salah satu kegiatan untuk mengetahui realisasi perilaku personil dalam organisasi pendidikan untuk mengetahui tingkat pencapaian serta tujuan pendidikan sesuai dengan yang dikehendaki.
5.    Perkoordinasian (cordinating)
Pengkoordinasian adalah kegiatan menghubungkan orang dalam suatu kelembagaan dan mencegah timbulnya pertentangan.



[1] M. Daryanto, Administrasi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 1998, hal. 2
[2] Departemen Pendidikan Nasional, Manajemen Sekolah, Jakarta, 2005, hal. 3
[3] Agus Subardi, Manajemen Pengantar, Edisi Revisi, Desain STIE YKPN, Jogjakarta, hal. 10
[4] Hasibuan, Manajemen, Dasar, Pengertian dan Masalah, Gunung Agung, Jakarta, 2001, hal. 45
[5] M.T. Hani Handoko, Manajemen Edisi 2, Dosen Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta, hal. 18
[6] Ibid, hal. 18
[7] Ibid, hal. 18
[8] Sudarwan Darim, Inovasi Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung, hal. 137 
Labels: Kajian Teoritis

Thanks for reading Keterampilan Manajemen Sekolah. Please share...!

0 Comment for "Keterampilan Manajemen Sekolah"

Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar

Back To Top